Sosok Dosen UNP Dr Nofrion "Dion" Mendominasi Panggung Literasi Siswa SMP Nurul Ikhlas

Sosok Dosen UNP Dr Nofrion "Dion" Mendominasi Panggung Literasi Siswa SMP Nurul Ikhlas
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Padang -- Dosen Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang yang akrab disapa Dion Sikumbang mengupas tuntas seharian tentang pembelajaran berbasis Lesson Study for Learning Community (LSLC) dan memberikan materi lomba Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) di seminar sekolah SMP Nurul Ikhlas, Tanah Datar, Sumatera Barat, Selasa (11/2/2020). Pembelajaran berbasis lesson study adalah suatu pendekatan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru secara kolaboratif, dengan langkah-langkah pokok merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut, serta melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya. 

"Fokus utama pelaksanaan lesson study adalah aktivitas siswa di kelas, dengan asumsi bahwa aktivitas siswa tersebut terkait dengan aktivitas guru selama mengajar di kelas," ujar Dion menjelaskan saat diwawancarai, Rabu (12/2).

Kehadiran Dion, pembina olimpiade kebumian SLTA Sumatera Barat baik OSK, OSP maupun OSN dan Olimpiade IPS SLTP Sumatera Barat di SMP Nurul Ikhlas atas inisiatif Kepala Sekolah SMP Nurul Ihlas , Delfi Ariandi, M,Pd, guna menyikapi perkembangam zaman dalam lingkungan sekolah, yang banyak sekali ditemukan siswa dalam minat membaca dan menulisnya sudah mulai berkurang. Dengan menjadi nara sumber pada Seminar Motivasi Siswa Berbasis Literasi dan OPSI, upaya untuk dapat berbagi ilmu dengan kalangan guru SMP Nurul Ikhlas yang berjumlah sebanyak 30 orang didapatkan Dion untuk terus berkontribusi meningkatkan kompetensi guru terkait pembelajaran HOTS kolabaration Lesson Study for Learning Community (LSLC) di era revolusi industri 4.0 abad 21. Dion pun tidak hanya berinteraksi langsung dengan para guru. Semua siswa SMP Nurul Ikhlas yang berjumlah lebih kurang 187 Siswa juga dimotivasi Dion agar selalu menggiatkan literasi dan menumbuhkan sikap aktif dalam proses pembelajaran berbasis LSLC.

 

Nofrion Sikumbang atau Dion Sikumbang terlahir di Solok, Sumatera Barat tanggal 11 November 1978. Putera kedua Bapak Asmar dan Ibu Nurjida. Maret 2003 Lulus S-1 Pendidikan Geografi, Yudisium Dengan Pujian. Predikat Mahasiswa Teladan dan Juara LKTI Kelompok IPS berhasil diraih semasa kuliah. Saat ini menempuh studi di PPs UNP Program Studi IPS Konsentrasi Ekonomi/Geografi. Tahun 2002. Menjadi Juara 1 Pemilihan Penyiar RRI dan kemudian dikontrak sebagai Penyiar Pro2 dan saat ini menjadi Penyiar Pro1 dengan Program Unggulan “Pelangi Edukasi” dan “Waraswara/Warga Sumbar Bicara”. Saat ini bertugas sebagai Dosen Jurusan Geografi FIS UNP, Kepala Sekolah Public Speaking dan Retorika Indonesia (SPSRI) RRI Padang dan Dosen Luar Biasa Poli-Unand Jurusan Bahasa Inggris, Konsentrasi Public Speaking dan TV/Radio Broadcasting.

“Dulu, saya tidak membayangkan bisa berbagi ilmu dengan siswa sekolah SMP, biasanya yang saya hadapi mahasiswa saya saja di FIS UNP," ujar dosen UNP yang juga pelatih MC dan Announcer ini.  (Agusmardi/Humas UNP)