FE UNP Temukan Kembali Peneliti Ekonomi dan Bisnis Dalam PICEEBA IV-2019

FE UNP Temukan Kembali Peneliti Ekonomi dan Bisnis Dalam PICEEBA IV-2019
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Padang -- Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (FE UNP) yang telah menerbitkan prosiding terindeks di Atlantik Press dari digelarnya Padang International Conference on Economic, Education, Business and Accounting  (PICEEBA) pertama, kedua dan ketiga pada tanggal 16 dan 17 November 2019 mendatang kembali menggelar untuk yang keempat kalinya. Informasi ini terungkap dalam perbincangan Dekan FE UNP, Dr. Idris, dan Dr. Alpon Satrianto, SE, ME, Ketua Panitia PICEEBA IV-2019 diruang kerjanya, Senin (11/11).

" Karena paper yang diterima pada PICEEBA pertama, kedua dan ketiga telah diterbitkan pada Prosiding yang terindeks Atlantis Press. Oleh karena itu, diperkirakan jumlah paper yang masuk pada PICEEBA keempat bakal mengalami kenaikan hingga dua kali lipat," ujar Dr. Idris.

Sementara itu, Ketua Panitia PICEEBA, Alpon menjelaskan edisi keempat PICEEBA yang konsisten dilaksanakan FE UNP diselenggarakan bertempat di Auditorium Prof. Kamaluddin FE UNP dengan mengusung tema New Challenges and Opportunities in Economics, Business and Education: The Disruptive Innovation in Industrial Revolution 4.0. Adapun Topik ataupun skop dari Seminar ini diantaranya: Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Ekonomi dan Kewirausahaan.

"Tujuan dari pelaksanaan Seminar Internasional ini adalah sebagai ajang untuk saling berbagi hasil penelitian dan mengetahui perkembangan terbaru di dunia ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, tema yang diambil oleh Seminar Internasional ini disesuaikan dengan tren dan isu terbaru, yaitu tantangan dan peluang terbaru di bidang Bisnis dan Ekonomi pada era disrupsi," katanya.

Para peneliti yang mengikuti PICEEBA keempat tahun 2019 ini, sambung Alpon, dapat mendiseminasikan hasil penelitian yang telah mereka lakukan, sehingga hasil penelitian tersebut dapat terpublikasi secara luas, serta menerima masukan dan tanggapan dari para peneliti lainnya. Selain itu, acara peluang publikasi, seminar internasional ini juga bermanfaat untuk memperluas pergaulan akademik diantara para peneliti dan dosen, sehingga dapat membuka jaringan yang lebih luas untuk kegiatan penelitian atau studi lanjut nantinya.

Ditambahkannya untuk menyukseskan PICEEBA nanti, panitia akan menghadirkan empat orang pembicara utama yang berkelas dunia dari berbagai universitas terkemuka dunia yakni Shane Matthews, Associate Professor of Marketing and Economics, Queensland University of Technology Australia, Teofilo C. Daquila Associate Professor of Economics, National University of Singapore, Singapura, Waznah Wan Omar, Professor of Retailing, Universiti Teknologi Mara, Malaysia dan Yasri, Professor of Marketing UNP, Indonesia.

"Hingga saat ini, panitia PICEEBA telah menerima lebih dari 300 artikel ilmiah dari peneliti yang berasal berbagai perguruan tinggi Indonesia, namun setelah melewati proses review, diperkirakan hanya sebanyak 160 artikel ilmiah yang lolos dan dinilai layak untuk di presentasikan dan dipublikasikan. Artikel-artikel yang lolos tersebut akan dipublikasikan pada Atlantis Press Proceedings yang terindeks Clarivate Analytics, Thomson Reuters, DOAJ, EBSCO, CNKI Scholar, SINTA dan Google Scholar. (Agusmardi/Humas UNP)