Melalui Humas, UNP Berada di Garda Depan Reformasi Birokrasi

Melalui Humas, UNP Berada di Garda Depan Reformasi Birokrasi
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Padang--Humas UNP yang berada di bawah garis komando WR IV Prof. Syahrial Bachtiar, M.Pd telah berhasil mendukung gerakan Reformasi Birokrasi (RB) Kemenristekdikti dengan berada di garda terdepan dalam kegiatan RB sejak 2016 yang lalu. Hal ini ditandai dengan berdirinya Pusat Informasi dan Layanan Terpadu yang terus membantu pemberian informasi pada masyarakat. Selain itu, Bagian Kerjasama dan Humas yang dikepalai oleh Novri Elvida, M.Pd tersebut, tahun lalu membawa UNP menyabet berbagai prestasi lokal dan nasional yang sangat membanggakan. Diantaranya dua tahun berturut-turut sebagai Badan Publik Terbaik dalam Keterbukaan Informasi publik, di tingkat nasional dengan dinobatkannya UNP sebagai 5 besar Perguruan Tinggi menuju Informatif dan juara 2 Nasional dalam pengelolaan terbaik.

Dr. Dedi Hermon, MP Wadir 2 Pascasarjana UNP ketika ditanya tentang kinerja Humas UNP, membenarkan kalau keberadaan lembaga tersebut kini makin eksis sebagai corong UNP.

”Setiap ada kegiatan yang digelar di Pascasarjana langsung dipublis. Untuk itu saya sangat berterimakasih pada awak Humas UNP,” katanya.

Sebagai corong UNP, peningkatan kinerja humas mendapat sokongan dalam pemberitaan dari beberapa orang Dosen UNP yang memiliki trade record dalam dunia Pers, diantaranya Prof. Dr. Hermanto, M.Pd (Mantan Wartawan Ganto), Dr. Erianjoni (Mantan  Wartawan Freelance), Muhamad Isa Gautama (Kolumnis dan Mantan awak Ganto) dan Dr. Nofrion, M.Pd (Mantan Wartawan RRI Padang).

Hal senada juga diamini oleh Drs. Ahmad Hamdani , MM, selaku  Biro Perencanaan dan Administrasi Kerjasama & Humas (BPAKHM) .UNP dalam satu kesempatan. Menurut dia, keberadaan bagian humas di suatu Perguruan Tinggi memiliki kedudukan yang penting.

“Lembaga itulah yang menjalankan tugas pokok dan fungsi, dalam pemberitaan dan pemberian informasi, komunikasi dan juga dokumentasi untuk melayani masyarakat kampus dan masyarakat luar kampus,” kata Ahmad Hamdani.

Humas UNP juga telah berhasil mempubikasikan perkembangan lembaga pendidikan yang dulunya bernama IKIP Padang tersebut menjadi salah satu perguruan tinggi yang berperan aktif dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia. Sehingga dinilai sukses memberitakan peristiwa-peristiwa nasional di UNP. Diantaranya Peresmian UNP oleh Wapres Jusuf Kalla, Kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo, Penganugerahan Doktor Honoriscausa pada Presiden RI ke-V Ibu Megawati Sukarno Putri dan Datok Anwar Ibrahim dari Malaysia serta acara bergengsi Konaspi Tahun 2018 yang lalu. Pencapaian kinerja Humas UNP yang positif tersebut, tentu tidak akan  berjalan mulus tanpa kerja keras dan komitmen dalam mendukung visi ke depan Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D untuk membawa UNP menjadi universitas unggul di Indonesia.

Keberhasilan Humas UNP juga ditunjang oleh sinergisitas tim humas, kehadiran tenaga yang berpengalaman dalam dunia kewartawanan seperti Agusmardi, A.Md telah membuktikan percepatan pemberitaan tentang UNP baik di web UNP, media online dan media cetak lokal maupun nasional. Wartawan peraih Penghargaan Terbaik Porkota tahun 2002 ini menyatakan “pesan pak Rektor kita harus tingkatkan score Webmatric UNP di dunia maya, jadi humas memiliki tugas yang berat untuk pencapaian target tersebut. (Humas UNP)