UNP WORLD RITUAL MUSIC FESTIVAL tahun 2016

UNP WORLD RITUAL MUSIC FESTIVAL tahun 2016
Kategori

Dalam rangka Dies Natalis Universitas Negeri Padang yang ke-62, Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang  Prof. Dr.M.Zaim, M.Hum. menggagas diselenggarakannya Festival Musik Ritual bertaraf Internasional yang terselenggara untuk pertama kalinya diadakan di Sumatera Barat tepatnya di Pendopo Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Festival berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai hari Kamis, tanggal 01 September 2016 s/d hari Sabtu, tanggal 03 September 2016. UNP World Ritual Music Festival tahun 2016 diikuti oleh kelompok musik ritual yang berasal dari Negara Iran, India, Urbesqistan, Malaysia dan dari kelompok musik ritual dari Inonesia antara lain; Bali, Aceh, Bandung, Medan, Riau, Bengkulu, Padang Panjang dan Universitas Negeri Padang.

Acara pembukaan dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Rektor Universitas Negeri Padang yang diwakili oleh Wakil Rektor III UNP, Prof.Syahrial Bakhtiar, M.Pd yang sekaligus membuka acara festival secara resmi, Para Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan , Ketua Jurusan/Prodi, dosen selingkungan Universitas Negeri Padang.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Bpk Nasrul Abit, saat memberi sambutan

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang, Prof. Dr.M.Zaim, M.Hum. menyampaikan, salah satu dari tujuan diselenggarakannya festival ini adalah untuk menjalin komunikasi antar kelompok pemusik dan perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas serta identitas dan perguruan tinggi sebagai perguruan tinggi yang peduli dengan seni ritual terutama musik ritual islami yang dimiliki oleh masyarakat.

Dekan FBS UNP Prof. Dr.M.Zaim, M.Hum., saat menyampaikan laporan

Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang juga menyampaikan terimakasih atas apresiasi Rektor Universitas Negeri Padang yang telah mendorong kreativitas fakultas untuk mengembangkan bidang keilmuan agar dapat diangkat menjadi moment nasional dan internasional. Prof. Dr.M.Zaim, M.Hum. tidak lupa juga menyampaikan terimakasih atas peran serta sponsor, antara lain : PT Semen Padang, Bank Nagari, panitia dan peserta vestival. Hari pertama acara berjalan meriah, aman dan lancar.

Suasana pemukulan bedug bersama pertanda festival resmi dibukaPimpinan UNP,Wakil Gubernur Sumbar dan sebagian penonton saat menikmati sajian musik oleh peserta festival