Tranformasi Pendidikan Tinggi di Era Pandemi
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Menyikapi pandemic Covid-19 yang masih belum berujung, Universitas Negeri Padang dengan sigap dan cepat melakukan berbagai transformasi di bidang proses penyelenggaraan pembelajaran. Berbagai usaha telah dilakukan, salah satunya dan paling utama adalah inovasi pembelajaran berbasis digital. Metode pembelajaran digital diimplementasikan di dalam kerangka Learning Management System (LMS) terpadu, terstruktur dan terprogram sehingga mampu menjamin keterandalan kualitas pembelajaran jarah jauh. 

Usaha sistematis juga sudah dilakukan melalui 10 inovasi pelayanan akademik dalam layanan akademik di antaranya e-Learning versi 2, e-Office, e-Wisuda, e-Ijazah, e-UKT, e-Votting, e-Simta, e-Remun dan sebagainya yang dioperasikan melalui portal Rumah Gadang UNP. Tidak itu saja, UNP terus bekerja sama dengan beberapa layanan dan stake holder terkait sehingga memungkinkan Program Belajar Jarak Jauh dilaksanakan.

 
Lebih dari itu, secara bertahap dibangun konten yang inovatif berbasis modifikasi sesuai dengan kondisi yang ada, sehingga diharapkan mahasiswa mudah mengakses via jejaring internet sesuai dengan perangkat yang mereka miliki. Transformasi yang dilakukan ini bertujuan agar UNP senantiasa mampu meningkatkan kualitas akademik ke depan. UNP juga senantiasa mengimplementasikan prinsip kebijakan pendidikan tinggi di masa Covid-19 yang mengutamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan dan masyarakat. Kita percaya, meskipun diawali dengan suasana cultural and technological shock, namun UNP telah merespon dengan cepat dan beradaptasi dengan segera meningkatkan penguasaan teknologi dan jaringan agar mampu melakukan pembelajaran daring yang memadai dan bermutu tinggi meskipun di masa pandemi.

Demikian intisari Teras Utama Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri, Ph.D yang dimuat di Padang Ekspres, halaman 1, hari ini. (Isa Gautama)