Sutan Riska Sampaikan Orasi Ilmiah pada Wisuda UNP Ke-116

Sutan Riska Sampaikan Orasi Ilmiah pada Wisuda UNP Ke-116
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Padang – Orasi Ilmiah Kepala Daerah (Bupati/Walikota) pada setiap Wisuda di Universitas Negeri Padang (UNP) selalu menarik, Demikian pula dengan Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuangku Kerajaan, pada orasinya kali ini, 900-an wisudawan-wisudwati takjub dibuatnya.

Sutan Riska anak mantan Walinagari ini memaparkan kunci suksesnya menjadi Bupati Dharmasraya, yang merupakan Bupati termuda di Provinsi Sumatera Barat saat ini.

“Sewaktu saya dilantik jadi bupati, usia saya 26 tahun. Sebelum itu selama lima tahun saya pulang pergi ke RSUD Sawahlunto mengantar ibu cuci darah. Dalam Kesempatan tersebutlah saya minta izin sama ibu saya untuk mencalon menjadi bupati Dharmasraya. Saya ingin berbuat untuk masyarakat”, paparnya.

Sutan Riska Sampaikan Orasi Ilmiah pada Wisuda UNP Ke-116

Dia juga mengatakan ketika jadi Bupati banyak masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

Sutan Riska Sampaikan Orasi Ilmiah pada Wisuda UNP Ke-116

“Dan alhamdulilah, setahun saya berjuang kemudian terpilih,” terang Sutan Riska di hadapan Wisudawan-wisudawati Ke-116 di Audtorium UNP, Sabtu (14/9/2019)

Sutan Riska mengungkapkan sebagai generasi milenial, dirinya sudah kenyang dengan cimeeh dan cercaan dari berbegai pihak. “Di awal awal pemerintahan saya, ada yang bilang dalam sebulan Dharmasraya akan hancur karena dipimpin orang yamg belum mengerti pemerintahan. Saya terus mengabdi, saya lakukan koordinasi dengan DPRD, dengan Forkopimda, saya minta petunjuk kepada senior, dan akhirnya, sampai sekarang, Dharmasrsya tetap eksis dan dalam banyak hal malah berprestasi,” katanya.

Dari pengalamannya itu, Sutan Riska kemudian menyeru kepada semua wisudawan UNP agar tetap menjaga semangat dan senantiasa berdoa dalam menapaki setiap langkah kehidupan. “Dulu saya dicemooh, sekarang diapresiasi. Dulu Dharmasraya rangking 18 di Sumbar, kini nomor satu,” katanya.

Sutan Riska mengakhiri orasi ilmiah nya dengan menandatangani kerjasama peningkatan mutu pendidikan Dharmasraya dengan rektor UNP. (Humas UNP/Agusmardi)