Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D. Secara Resmi Membuka PKKMB UNP Jalur SNMPTN 2020 Secara Daring
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Padang-- Pagi ini, Kamis (06/08) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa baru (PKKMB) jalur SNMPTN secara daring melalui zoom yang di hadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan dan Unsur pimpinan selingkungan UNP. Sebanyak 1.800 lebih mahasiswa baru Universitas Negeri Padang (UNP) mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Jalur SNMPTN tahun 2020.

PKKMB merupakan salah satu program bagi mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sebagai sarana silahturahmi antar sesama mahasiswa baru. PKKMB berlangsung selama 3 hari yakni dari tanggal 6-8 Agustus 2020 dengan durasi dua hari di tingkat universitas dan satu hari tingkat fakultas. PKKMB diawali dengan sambutan Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D secara daring dengan diawali memperkenalkan pimpinan-pimpinan UNP. Selain itu, Prof. Ganefri juga menyampaikan bahwa UNP menyiapkan kuota internet sebesar 10GB kepada seluruh mahasiswa UNP sebagai bentuk kepedulian UNP terhadap mahasiswa-mahasiswa baru untuk mengikuti PKKMB secara daring. 

PKKMB hari ini secara resmi juga dibuka oleh kapolda sumbar Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H yang diwakili oleh Wakil Kapolda Sumbar Brigjen Pol. Rudy Sumardiyanto, S.H., M.Si. Turut hadir, Direktur Binmas Polda Sumbar, Kombes Johni Soeroto yang memaparkan materi mengenai pencegahan dan Penanggulangan Intoleransi, Radikalisme, Teorisme, dan Paham yang bertentangan dengan ideologi negara kepada seluruh mahasiswa baru jalur SNMPTN. 

Selain Kapolda, Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D. juga menyampaikan materi mengenai “Pembinaan Gerakan Nasional Revolusi Mental: Indonesia Melayani, Bersih, Tertib, Mandiri dan Bersatu”, begitujuga dengan Wakil Rektor 1 UNP, Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt. juga memaparkan materi terkait Sistem Pendidikan Tinggi dan Kebijakan Merdeka Belajar. Wakil Rektor 3 UNP, Drs. Hendra Syarifuddin, M.Si, Ph.D. dan BEM UNP memaparkan materi mengenai “Pelayanan dan Pembinaan Ormawa/Sosialisasi dan Perkenalan Ormawa UNP. Turut hadir ketua Satgas Covid-19 UNP, Dr.dr. Linda Rosalina, S.Ked, M.Biomed juga menyampaikan materi mengenai “Kehidupan Baru (New Normal) Pasca Pandemi Covid-19” dan TIM PTIK UNP menyampaikan materi terkait pengenalan sistem IT UNP dan Sistem, belajar daring. 

Menurut Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNP, Drs. Yushamdi kepada humas UNP kemarin, bahwa kegiatan yang dilakukan secara daring untuk menghindari penyebaran virus Corona yang saat ini masih mewabah. Selain itu, Drs. Yushamdi secara teknis PKKMB daring tidak ditemukan masalah yang signifikan terutama bagi pihak kampus. Kemungkinan kendala akan dihadapi oleh mahasiswa baru yang domisilinya berada di daerah blank spot (tidak ada sinyal). Untuk itu mahasiswa baru dianjurkan mencari akses internet terdekat seperti pasar, kantor Wali Nagari dan sebagainya. (Humas UNP)