PEMBUKAAN PLPG RAYON 106 ANGKATAN VII UNP 2017 Prof Ganefri: Mendidik itu Bukan Hanya Mengajar

PEMBUKAAN PLPG RAYON 106 ANGKATAN VII UNP 2017  Prof Ganefri: Mendidik itu Bukan Hanya Mengajar
Kategori

Guru bukan hanya bertugas menyampaikan materi pengajaran, tetapi juga melatih anak-anak belajar memahami dan mengatasi problem hidup mereka. Maka ketersedian guru berkualitas fokus pemerintah dalam mereformasi terkait kedudukan guru dalam pembenahan sistem pendidikan nasional.

Hal itu dikemukakan Rektor Universitas Negeri Padang, Prof Ganefri, PhD selaku Ketua Rayon 106 UNP saat membuka PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) Angkatan VII di Auditorium UNP, Rabu (29/11)

"Metode pembelajaran usang yang terpusat pada guru tak mungkin lagi diterapkan. Murid lebih suka diajar kawan-kawanya ketimbang guru. Guru harus fokus pada anak didiknya serta menyesuikan diri dengan gaya belajar mereka," ujar Rektor UNP, Prof Ganefri.

Diungkapkannya guru jangan hanya fokus pada menyampaikan materi ajar, tanpa memasukkan nilai nilai budi pekerti dan kebaikan kepada siswa nya. Mengapa? karena mendidik itu beda dengan mengajar. 
"Mengajar lebih menekankan pada penyampaian materi ke siswa, sedangkan mendidik selain memberikan materi, juga memberikan wejangan budi pekerti dan nasehat kepada siswa nya, terlepas dari apapun mata pelajaran yang disampaikan oleh guru tersebut," ujarnya.

Ia menambahkan, Rayon PLPG 106 UNP berupaya memperkuat kompetensi guru melalui berbagai sisi, kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Bahkan peningkatan kapasitas guru juga didorong  melalui peningkatan ketrampilan, kreativitas, inovasi, perilaku dan keteladanan.

"Harapan saya adalah peserta PPLG Rayon 106 Angkatan VII bisa menjadi panutan jika lulus sertifikasi nanti, baik dalam menimba ilmu dan dan meningkatkan kompetensi," ujar Mantan Koordinator Kopertis Wilayah X Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepri ini.

Sebelumnya dalam kegiatan itu, Wakil Rektor IV, Prof Syahrial Bakhtiar, MPd melaporkan lebih kurang 600 guru dari berbagai provinsi telah tercatat sebagai peserta PPLG Angkatan VII dari 13 bidang studi. Diantaranya bidang studi elektronika 27 orang, otomotif 56 orang, Penjaskes 21 orang, Seni Budaya 37 orang dan Sejarah 25 orang.
Diawali dengan lagu Indonesia Raya dan Himne Guru yang dipandu Fernando Sabetra dan doa oleh Al Ikhlas Lc, MA serta pemasangan tanda peserta PLPG secara simbolis oleh Rektor UNP dan disaksikan pimpinan UNP yang hadir acara pembukaan kegiatan PLPG Rayon 106 berlangsung hikmat. (Humas UNP)

aaa