Orientasi peserta PPG-SM3T Angkatan V tahun 2017

Orientasi peserta PPG-SM3T Angkatan V tahun 2017
Kategori

Pembukaan orientasi PPG-SM3T dilaksanakan pada hari Senin 13 Februari 2017 di Auditorium Kamaluddin Fakultas Ekonomi UNP Lantai 4. Peserta PPG-SM3T sebanyak 206 orang yang nanti akan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Acara ini dibuka langsung oleh Rektor UNP, Prof. Dr. Ganefri, Ph.D dan di hadiri oleh WR I dan III, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Lembaga serta Ketua Prodi.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru, mengatur bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan Nasional. Calon guru yang memiliki kualifikasi akademik S1/DIV, diwajibkan untuk menempuh pendidikan profesi, agar dapat memiliki kompetensi dan mendapatkan sertifikat pendidik seperti yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah tersebut, melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG).

 

Pemerintah memberikan kepercayaan kepada UNP untuk melaksanakan program rintisan penyiapan guru masa depan dengan rangkaian pengabdian selama satu tahun di daerah terdepan, terluar, tertinggal (SM-3T) yang dilanjutkan dengan Program PPG berbeasiswa dan berasrama. Untuk program PPG tahun 2017 ini, ada 26 program studi yang terdiri atas : Bimbingan Konseling, Pendidikan Guru PAUD, Pendidikan Guru SD, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Geografi, Pendidikan IPS, Pendidikan IPA, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Teknik Elektro, Pendidikan Teknik Bangunan, Pendidikan Teknik Otomotif, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (Tata Boga), dan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (Tata Busana).

rektor

Rektor UNP, Prof. Dr. Ganefri, Ph.D saat memberi kata sambutan

a

Ketua LP3M UNP, Dr. Edwin Musdi, M.Pd saat menyampaikan laporan.

b

Rektor, WR I, WR III dan Ketua LP3M

b

Dekan Fakultas dan Peserta PPG-SM3T