Hari Kamis, JK Dikukuhkan Jadi DR HC di Auditorium UNP

Hari Kamis, JK Dikukuhkan Jadi DR HC di Auditorium UNP
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Padang -- Penganugerahan Doktor Honoris Causa (DR HC) Universitas Negeri Padang (UNP) kepada M Jusuf Kalla dijadwalkan berlangsung hari, Kamis (5/12). Rektor Prof Ganefri mengatakan UNP mengnugerahkanan gelar DR HC kepada JK dalam bidang penjaminan mutu pendidikan dengan membangun Budaya belajar bagi peserta didik, baik tingkat pendidikan dasar maupun tingkat pendidikan menengah.
 
Seperti diketahui, selama JK dipemerintahan sejak 1999 sampai tahun 2019 telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu seperti perubahan kurikulum, terakhir tahun 2013, yang mengimplementasikan ketentuan dalam UUD 1945, bahwa  anggaran pendidikan 20% dari APBN, tertinggi dari semua sektor. Tentu dengan adanya ujian nasional, Indonesia dapat menjaga mutu pendidikan dengan mendorong siswa belajar keras dan sekaligus melakukan evaluasi secara berkelanjutan.

Ganefri ketika memberikan keterangan pers kepada wartawan, Rabu (4/12) di Kampus UNP Air Tawar Padang mengaku penganugerahan gelar DR HC karena JK sebagai pemimpin yang menyadari dan meyakini sepenuhnya bahwa hanya dengan pendidikan nasional yang bermutu atau berkualitas tinggi dan merata secara nasional, Indonesia dapat mencapai kemajuan. Jelas pula, tanpa pendidikan nasional yang bermutu tinggi, tidak mampu memiliki Sumber Daya Manusia unggul yang selanjutnya menjadi lokomotif bagi Indonesia yang maju, yang kompetitif di tengah persaingan dunia internasional. 

"Untuk saat ini, meski tidak lagi berada di pemerintahan Rektor UNP bersama Senat Universitas memutuskan penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa (DR HC) kepada Bapak M Jusuf Kalla yang telah memperjuangkan peningkatkan dan menumbuhkan budaya belajar bagi anak anak, yang salah satu instrumennya ada Ujian," ucapnya.

Salah satu tugas mulia meningkatkan dan menjamin mutu pendidikan nasional adalah tanggungjawab para guru. Tanpa guru yang bermutu tinggi, berjiwa pengabdian yang tinggi dan menjalankan tugas kependidikan sebagai ibadah, sulit untuk meningkatkan dan menjamin mutu pendidikan nasional. UNP sebagai LPTK berperan penting dalam menghasilkan guru-guru dengan keperibadian dan karakter seperti itu.

"Kita siapkan gelaran DR HC Bapak JK berlangsung hikmat. Dan rangkaian kegiatan setelah penganugerahan DR HC juga akan dilanjutkan besoknya sebagai tuan rumah Silaknas ICMI," terangya. (Agusmardi/Humas UNP)