Bersama UNP, 5.000 Siswa Kelas 12 SMA, SMK dan MAN Se-Kota Padang Hadiri Sosialisasi Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2020

Bersama UNP, 5.000 Siswa Kelas 12 SMA, SMK dan MAN Se-Kota Padang Hadiri Sosialisasi Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2020
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Padang -- Dalam rangka mengenalkan sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2020, Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk (SNM) PTN dan Seleksi Bersama Masuk (SBM) PTN serta Seleksi Mandiri ke berbagai siswa sekolah SMA, SMK dan MAN. Pada Jumat (29/11) untuk Kota Padang dipusatkan di Auditorium UNP yang diikuti sekitar 5.000-an siswa Kelas 12 SMA, SMK dan MAN Se-Kota Padang.

Mewujudkan semangat sebagai salah satu universitas unggul di Asia Tenggara, UNP mengawali rangkaian sosialisasi untuk UTBK 2020 dan SBMPTN Tahun 2020 di Auditorium UNP dengan menghadirkan Rektor UNP, Prof Ganefri, Ph.D sebagai narasumber gelombang pertama dan Wakil Rektor 2 UNP, Syahril Ph.D pada gelombang kedua.

Setelah siswa Kelas 12 SMA, SMK dan MAN, baik sekolah negeri maupun swasta Se-Kota Padang serta para guru yang mewakili hadir di Auditorium UNP. Rektor dan WR2 UNP menegaskan bahwa setiap calon peserta SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2020 wajib memiliki akun LTMPT dengan melakukan registrasi akun melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id. Hadir dalam acara tersebut, beberapa Wakil Dekan dan Kepala Biro BPAKHM, Ahmad Hamdani serta Kabag Humas dan Kerjasama Novri Elvida.

“Ini yang baru di tahun 2020 dan penting diketahui semua calon peserta SNMPTN, UTBK dan SBMPTN,” papar Ganefri pada Sosialisasi dan Promosi SNMPTN, UTBK dan SBMPTN Tahun 2020 di Auditorium UNP, Jumat (29/11).

Selain itu, untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 di UNP pelaksanaannya akan berlangsung selama satu minggu dengan 14 sesi (dua sesi setiap hari) dan dilaksanakan di Kampus UNP Air Tawar. Nantinya, peserta UTBK hanya diperbolehkan mengikuti satu kali tes sesuai dengan kelompok tes yang diikutinya (Saintek, Soshum atau Campuran.)

“Jadi, kesempatan mengikuti tes hanya 1 kali saja. Baik itu pilihanya Saintek, Soshum atau Campuran saja,”urainya.

Untuk Kelompok Saintek dan Soshum jadwal sesi pagi akan dilaksanakan pada pukul 07.00-10.30. Sedangkan sesi siang akan dilaksanakan pukul 12.30 hingga 16.15. Sementara Kelompok Campuran untuk sesi pagi dilaksanakan pukul 07.00 sampai 11.45 dan sesi siang 12.30 hingga 17.15.

Ganefri mengatakan registrasi dan akun LTMPT untuk PDSS dan SNMPTN 2020 akan dimulai 2 Desember 2019 hingga 7 Januari 2020. Sementara untuk registrasi dan akun LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN dimulai 7 Februari hingga 5 April 2020. 

Menurut Ganefri, penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2020 dilaksanakan melalui tiga jalur yaitu, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan kuota minimum 20% dari daya tampung PTN.

“Kemudian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota minimum 40% dan untuk Seleksi Mandiri maksimum 30%,”ujarnya.

Terkait dengan SNMPTN 2020, tentang pemeringkatan siswa yang sesuai dengan kuota akreditasi sekolah yaitu, sekolah dengan nilai akreditasi A akan diterima sebanyak 40%, akreditasi B 25%, dan sekolah dengan akreditasi C menerima 5%, yang hanya mengambil siswa terbaik di sekolah saja.

Sementara itu, Kepala Biro BPAKHM, Ahmad Hamdani menjelaskan, setelah pelaksanaan sosialisasi di Kota Padang melalui koordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar juga akan dilaksanakan di kabupaten dan kota seluruh Sumbar. (Agusmardi/Humas UNP)