1500-an Calon Guru Dibekali Praktek Lapangan Kependidikan di Auditorium UNP

1500-an Calon Guru Dibekali Praktek Lapangan Kependidikan di Auditorium UNP
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Sebanyak 1500-an mahasiswa peserta Program Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) Universitas Negeri Padang mengikuti pembekalan, yang berlangsung seharian penuh di Auditorium UNP, Senin (7/1). Pembekalan PLK periode Januari hingga Juni 2019 mendatang dibuka Rektor UNP, Prof Ganefri.

Melalui pembekalan itu, para mahasiswa UNP yang calon guru profesional itu mendapatkan pengetahuan terkait tugas dan kewajibannya ketika berada di instansi  masing-masing. Pembekalan PLK ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa Prodi Kependidikan yang merupakan peserta PKL di semester Januari-Juni.

Rektor UNP mengatakan sebagai calon guru harus memiliki kompetensi keguruan, yaitu seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan prilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan serta memiliki kemampuan dalam penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan di lingkunga sekolah.

"Guru yang profesional dimasa depan mesti trampil mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan formal, serta pada jenjang pendidikan dasar, dan pendidikan menengah," ujar Ganefri.

a

Sebelumnya, Kepala Pusat Pengalaman Lapangan, Dr Waskito melaporkan pembekalan PLK untuk Semester Januari-Juni 2019 sesuai dengan agenda yang ditetapkan dilaksanakan seharian penuh dengan menghadirkan pemateri Ketua LP3M UNP, Dr Edwin Musdi dengan materi Orientasi Umum Program PPL, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Dr Burhasman Boes dengan materi Beradaptasi dengan Sistem Persekolahan dan dirinya sendiri (Dr Waskito-red) dengan materi Sistem Pelaksanaan PLK.

Sedangkan untuk materi Media Pembelajaran Animasi, yang dapat menarik perhatian pelajar dengan mudah, dimana Animasi mampu menyampaikan suatu pesan dengan lebih baik dibanding penggunaan media yang lain, pihaknya menghadirkan pemateri Bayu Ramadhan Fajri.

b

"Dengan adanye materi yang dipaparkan nanti akan bermanfaat bagi pengembangan attitude, pengetahuan, keterampilan dan juga keahlian bagi para mahasiswanya yang akan melaksanakan program PKL di persekolahannya masing-masing," ungkap Waskito yang mencatatkan peserta 1.552 orang mahasiswa sebagai peserta.

Turut hadir dalam pembukaan pembekalan Wakil Rektor 1, Prof Yunia Wardi, WR, Syahril PhD, WR3, Prof Ardipal dan WR4, Prof Syahrial Bakhtiar dan para Dekan selingkungan UNP dan para ketua lembaga. (Humas UNP/Agusmardi)