Delegasi Mahasiswa Jurusan IAN FIS UNP Raih Juara I Lomba Essay Se-Sumatera

Delegasi Mahasiswa Jurusan IAN FIS UNP Raih Juara I Lomba Essay Se-Sumatera
Printer Friendly, PDF & Email
Category

Padang -- Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang menjelang memasuki bulan Ramadhan 1440 H menorehkan prestasi yang membanggakan pada Lomba Essay yang dihelat pada Pertemuan Administrator se-Sumatera (Peran Sumatera) di Universitas Riau pada tanggal 23-27 April 2019 lalu.

Delegasi mahasiswa Jurusan IAN FIS UNP berhasil meraih juara satu dalam lomba essay yang bertemakan "Dynamic Governance dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Sementara delegasi mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Andalas tersisih di urutan kedua dan ketiga.

Seperti yang dilaporkan pembimbing delegasi mahasiswa jurusan IAN FIS UNP, Adil Mubarak, S.IP.,M.Si delegasi dari UNP mengangkatkan judul essay Digital Meme Democracy Education Center “DIGIMON CENTER” (Pusat Pendidikan Demokrasi Berbasis Meme Digital). Essay ini dilatarbelakangi oleh berkembangnya berita hoax ditengah masyarakat yang menimbulkan terjadinya kekacauan informasi di tengah masyarakat, yang berdampak terhadap iklim demokrasi Indonesia dan berpengaruh terhadap polapikir masyarakat terhadap demokrasi itu sendiri.

"Pada forum lomba itu, tim UNP menawarkan solusi rancangan aplikasi yang menjadi pusat pendidikan demokrasi dalam bentuk meme yang dikemas secara ringan dan sederhana seputar edukasi politik dan demokrasi dalam upaya mencerdaskan masyarakat dalam penerimaan berita. Hal hasil, judul yang diangkat sangatlah tepat dalam kondisi sekarang, akhirnya tim juri memutuskan tim UNP sebagai juara pertama," ujar Adil Mubarak, yang juga pembina Hima Jurusan IAN FIS UNP itu, Senin (29/4).

Sementara itu, Sekretaris Jurusan IAN FIS UNP, Nora Eka Putri, S.IP., M.Si menjelaskan delegasi tim UNP itu terdiri dari enam orang mahasiswa. Mereka adalah Delegasi pertama, Afzal Rahman, Desriman, Meylan Siswara Handani, Putra, Khairunnisa dan Ulva Nurjannah.

Pada kesempatan itu, Ketua jurusan Aldri Frinaldi, SH., M.Hum.,Ph.D menambahkan terpilihnya tim UNP sebagai juara pertama, karena aplikasi dalam bentu meme itu juga didukung oleh sebuah forum diskusi dan game sederhana yang bertujuan untuk menarik minat masyarakat milenial yang apatis terhadap isudemokrasi dan sosial saat ini.

Keberhasilan mahasiswa Jurusan IAN FIS UNP mendapat apresiasi dari Dekan FIS UNP, Prof. Dr. Syafri Anwar, M.Pd. Prestasi itu sangat menarik dan merupakan sarana untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa terutama dalam bidang karya tulis essay. Output dari kegiatan ini juga sangat banyak terutama pengayaan bagi individu mahasiswa yang mengikutinya.

Selain itu, seperti dikatakan Nora Ekaputeri, diharapkan kegaiatan ini juga dapat memberikan kontribusi kepada daerah dalam bentuk saran atau masukan serta solusi untuk menghadapi masalah yang berkaitan dengan tema yang diusung.

"Mengingat kegiatan ini adalah kegiatan yang pertama dan akan dilakukan terus menerus untuk selanjutnya, maka kami sangat bangga bisa meraih juara pertama dan mengalahkan universitas-universitas besar di Sumatera lainnya. Kedepannya kami sangat mengharapkan dukungan pimpinan universitas baik berupa dukungan moril maupun materil," harapnya. (Humas UNP)