Kunker Rektor UNP ke FIK, Perguruan Tinggi Indonesia Menuju Global

Kunker Rektor UNP ke FIK, Perguruan Tinggi Indonesia Menuju Global
Printer Friendly, PDF & Email
Category

Rektor Universitas Negeri Padang, Prof Ganefri, Selasa (8/1) melakukan temu ramah dengan pimpinan dan civitas akademika Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). Kedatangan Prof Ganefri ingin mensosialisasi capaian
kinerja universitas sekaligus memperkuat konsolidasi pimpinan FIK dengan civitas akademika.

Ganefri didampingi para wakil rektor dan beberapa kepala biro dan para ketua lembaga langsung menuju ruang sidang Dekan FIK UNP

Ganefri mengatakan pendidikan tinggi di Indonesia pada saat sekarang telah memasuki era baru - suatu era kompetitif yang penuh tantangan, perubahan, dan turbulence. Universitas global merupakan universitas yang siap dan berhasil dalam kompetisi di arena internasional, memiliki visi yang tidak hanya berkaitan dengan staf pengajar (dosen), peneliti, dan mahasiswa berwawasan global, tetapi juga berkaitan dengan institusi dan mitra (partner) global.

"Upaya keberhasilan untuk memanfaatkan sumber-sumber daya lokal, nasional maupun internasional akan memberikan kesempatan untuk menjadikan perguruan tinggi di Indonesia sebagai institusi berkelas dunia," ujarnya.  

h

Dikatakanya, FIK mesti memiliki standar internasional dalam keunggulan (excellence)’.Keunggulan tersebut mencakup, antara lain, keunggulan dalam riset yang diakui masyarakat akademis internasional melalui publikasi internasional; keunggulan dalam tenaga pengajar (profesor) yang berkualifikasi tinggi dan terbaik dalam bidangnya; keunggulan dalam kebebasan akademik dan kegairahan intelektual; keunggulan manajemen dan governance; fasilitas yang memadai untuk pekerjaan akademis, seperti perpustakaan yang lengkap, laboratorium yang mutakhir; dan pendanaan yang memadai untuk menunjang proses belajar-mengajar dan riset.

gh

"Dan tidak kurang pentingnya, keunggulan dalam kerja sama internasional, baik dalam program akademis, riset, dan sebagainya. FIK dengan sumberdaya dosen yang ada saya yakin bisa untuk itu," harap Rektor UNP.

Dekan FIK UNP antar waktu, Dr Zalfendi senang dengan kunjungan kerja Rektor UNP ini. Zalfendi lantas menjelaskan sejumlah program kerja yang telah dilakukaknnya. (Humas UNP)

hjk