Rektor UNP: Pendidikan Vokasi Untuk Siapkan SDM di Era Globalisasi

Rektor UNP: Pendidikan Vokasi Untuk Siapkan SDM di Era Globalisasi
Category

Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri, Ph.D mengatakan pendidikan vokasi langkah tepat untuk menyiapkan sumber daya manusia siap kerja menghadapi globalisasi.

"Saat ini UNP tengah berpacu penyiapan lulusan vokasi sesuai dengan kebutuhan ketenaga kerjaan. Program Pendidikan Vokasi bagi UNP sudah mendesak untuk menyesuaikan dengan lapangan pekerjaan. Untuk itu UNP terus berupaya menguatkan kerjasama dengan berbagai pihak," ujar Rektor Prof Ganefri dalam sambutannya pada pembukaan Lomba Kompetensi Siswa Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Hotel Axana, Kamis (8/3).

Seperti diketahui, kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. LKS ini setara dengan OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diadakan di SMP/SMA. Pemenang LKS antar kabupaten dan kota akan mewakili Sumbar  ke LKS Tingkat Nasional. Siswa yang mengikuti LKS adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan  kota.

"Semoga mereka yang menjadi juara menjadi kebangaan Sumbar pada LKS tingkat Nasional dan LKS Tingkat Provinsi berjalan lancar hendaknya sampai 12 Maret mendatang," ujar Rektor Prof Ganefri.

aaa

Lomba Kompetensi Siswa ( LKS ) SMK Tahun 2018 ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Drs. Burhasman, MM dan selain dihadir Rektor UNP, Prof Ganefri juga dihadiri pejabat eselon III dilingkungan Dinas Pendidikan serta kepala SMK se-Sumbar, Kamis (8/3).

Kadisdik Sumbar, Burhasman dalam sambutanya menyampaikan penyelenggaraan lomba kali ini sebagai seleksi mencari duta Sumbar untuk mengikuti LKS Nasional tahun ini.
“Materi lomba yang diberikan kali ini memiliki bobot yang sama dengan tahun lalu,” urainya.

Burhasman menuturkan selain untuk menyiapkan para siswa menghadapi LKS Tingkat Nasional, kegiatan ini ditujukan untuk mengukur kualitas dan kompetensi SMK di Sumbar dalam mempersiapkan kemampuan siswanya memasuki dunia kerja maupun melajutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. (Humas UNP)