Rektor UNP Ajak Mahasiswa Kependidikan Jadi Guru Kebanggaan Masa Depan

Rektor UNP Ajak Mahasiswa Kependidikan Jadi Guru Kebanggaan Masa Depan
Category

Rektor Universitas Negeri Padang, Prof Ganefri, PhD menganjurkan kepada 1200-an mahasiswa profesi kependidikan yang dipersiapkan untuk Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) Januari hingga Juni 2018 mendatang mampu menjadi guru masa depan yang siap menghadapi anak-anak masa depan yang jauh lebih luar biasa menantang dari saat ini.

"Saya yakin mahasiswa profesi Kependidikan UNP bisa mengubah persepsi-persepsi negatif yang ada mengenai guru menjadi persepsi positif. Jika perlu, adik-adik mahasiswa membuat profesi guru sebagai profesi yang diidam-idamkan oleh semua orang," ajak Rektor UNP, Prof Ganefri, PhD dalam pengarahannya pada Sosialiasi Peraturan dan Penilaian PLK, yang diselenggarakan Pusat PPL (Pusat Pengalaman Lapangan), Senin (8/1) di Auditorium UNP.

Menurut Prof Ganefri, guru masa depan merupakan guru yang mempersiapkan dirinya untuk menghadapi anak-anak milenial (zaman now-red). Guru dalam membina generasi penerus bangsa sangatlah strategis. Melalui tangan para pendidik ini bangsa Indonesia dapat menuju masa keemasannya dimasa mendatang.

"Guru senantiasa perlu memperbaharui model atau cara pembelajarannya, seiring perubahan cepat di era globalisasi ini. Karena anak didik kita sekarang berbeda dengan kita yang pernah mengenyam pendidikan sepuluh dua puluh tahun kebelakang”, ucapnya.

Lebih Lanjut Prof Ganefri mengatakan tentang program studi kependidikan di UNP saat ini berjumlah 27 Prodi, 15 diantaranya sudah berakdetiasi A. Dan selain 1200-an mahasiswa yang PLKnya di 14 Kabupaten dan Kota seluruh Sumbar, ada juga 12 orang diantaranya PLKnya ke negara ASEAN. Sementara dari luar negeri, 5 orang mahasiswa Philipina dam 4 orang dari Thailand praktek mengajarnya di Sumbar, yang diselenggarakan atas kerjasama UNP dengan SEAMEO (The Southeast Asian Ministers of Education Organization).
Sementara itu Kepala UPPL UNP, Dr Waskito, MT melaporkan bahwa sekaitan pelaksanaan PLK yang akan dimulai 11 Januari hingga 3o Juni, terlebih dahulu disosialisasikan peraturan dan penilaian PLK.
Penyebaran peserta PLK mahasiswa kependidikan UNP yang berjumlah 1.236 orang diberbagai jenjang pendidikan dari SD, SLB, SMP, SMA dan SMK, dengan jumlah sekolah 197 sekolah di 14 Kabupaten dan kota Se-Sumbar.

Mahasiswa PLK ini nantinya akan menjadi guru di sekolah mitra selama satu semester didampingi guru pamong dari sekolah tersebut. Selain itu juga ditunjuk dosen pamong yang akan memantau perkembangan dan memonitoring ke lapangan.

Selain Rektor UNP, turut hadir para Wakil Rektor dan para Dekan Selingkungan UNP serta pejabat Disdik Sumbar. (Humas UNP)

Rektor UNP Ajak Mahasiswa Kependidikan Jadi Guru Kebanggaan Masa Depan

Rektor UNP Ajak Mahasiswa Kependidikan Jadi Guru Kebanggaan Masa Depan