Coaching Clinic HaKi LP2M UNP Disambut Hangat Peserta

Coaching Clinic HaKi LP2M UNP Disambut Hangat Peserta
Category

Setiap dosen memiliki hak untuk melindungi atas karya hasil cipta, rasa dan karsa. Ini tak lain karena akan melindungi secara hukum bagi dosen yang memiliki hasil dari kemampuan intelektual. Sadar dengan pentingnya hal tersebut, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Padang menggelar coaching clinic selama dua hari.

Kegiatan yang dibuka Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd selaku kuasa Rektor UNP, Prof. Ganefri, diikuti 160 peserta dari berbagai utusan dosen fakultas selingkungan UNP.

Pada kesempatan itu Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd mengatakan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap dosen UNP mengingat telah banyak terjadi praktik plagiatisme.

Sekretaris LP2M UNP, Dr. Alnedral, M.Pd mengatakan untuk sosialisasi HaKi ini pihaknya menghadirkan Dr. Dedi Sulaiman, M.Hum, Ketua Sentra HaKi, yang sehari-harinya dosen UIN Sunan Gunung Djati. Wawasan  hak-hak secara hukum yang berhubungan dengan permasalahan hasil penemuan dan kreativitas seseorang atau beberapa orang yang berhubungan dengan perlindungan permasalahan reputasi yang ia miliki pun diteruskan ke peserta.

Lewat empat sesi pertemuan, LP2M juga menghadirkan Dr Mercy Marvel, SH. MSi dan Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd sebagai nara sumber. Hal ini pun disambut dengan baik oleh 160 peserta. Sebagai dosen yang tak begitu banyak memahami pengajuan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) dan Paten, coaching clinic yang diadakan dianggap sangat membantu.

"Buat kami, kegiatan seperti ini sangat bagus. Kami yang tak punya wawasan HaKi begitu baik jadi mendapatkan pengetahuan baru soal HaKI. Kegiatan seperti ini harus digencarkan," kata Dr. M. Giatman, M.SIE salah satu peserta.

Kegiatan ini bertujuan mendampingi pengajuan sertifikat HaKI dan pembuatan akun sentra HaKI UNP dimasa mendatang.

“Dalam meningkatkan pengelolaan kekayaan intelektual, perguruan tinggi wajib mengusahakan pembentukan sentra HaKI,” ucap Dr. H. Dedi Sulaeman, M.Hum saat pemaparanya di sesi pertama di Lantai IV FIP UNP, Kampus Air Tawar Padang. (Humas UNP)
 
aaa