1631 Mahasiswa UNP Ikuti Pembekalan PPLK, Mendidik dengan Hati Motivasi Rektor UNP

1631 Mahasiswa UNP Ikuti Pembekalan PPLK, Mendidik dengan Hati Motivasi Ganefri
Category

Sebanyak 1631 mahasiswa Universitas Negeri Padang yang mengikuti program PPLK siapkan diri mulai hari ini. Selasa (8/8) bertempat di Auditorium UNP, pembukaan pembekalan mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) berlangsung hikmat.

Mahasiswa itu tersebar ke 188 sekolah, diantaranya  TK 17 sekolah, SMP 62 sekolah, SMA 59 sekolah dam SMK 50 sekolah di 14 kabupaten dan kota di Sumatera Barat yang akan berlangsung 21 Agustus hingga 14 Desember 2017 mendatang.

Selain Rektor UNP, pembekalan PPLK dihadiri oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. Yunia Wardi,M.Si WR3, Prof. Dr. Ardipal,M.Pd para Dekan serta para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Rektor dalam sambutannya berharap agar mahasiswa mampu menunjukkan kompetensi diri dan selalu menjaga nama baik. “Mahasiswa akan merasakan secara langsung bagaimana rasanya menjadi guru ‘nyata’. Ada dua hal yang harus diingat, tunjukkan kompetensi diri dan jangan lupa tunjukkan bahwa UNP sebagai lembaga yang unggul dalam mempersiapkan calon pendidik,” tegas Prof. Ganefri, Ph.D.

Prof. Ganefri, Ph.D mengungkapkan, undang-undang Guru dan Dosen mengamanatkan guru harus profesional dalam menjalankan tugas. Guru profesional harus memiliki empat kompetensi pedagodik, berkepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Dalam melaksanakan tugasnya, guru pun harus memiliki paradigma baru, menyesuaikan dengan tuntutan zaman. Mendidik dengan hati, diliputi cinta dan kasih sayang. Mengajar bukan menghajar, mendidik bukan menghardik, tegas bukan keras, dan senyum bukan menghukum.

"Dulu, ada label guru killer bagi guru-guru galak, kaku, dan susah tersenyum. Guru pun minim apresiasi terjadap prestasi atau hasil karya siswa. Hal ini perlu diubah. Ciptakan suasana belajar yang kondusif, menantang, dan menyenangkan bagi siswa sehingga sekolah sebagai taman belajar bagi siswa dapat terwujud," pungkas Ganefri memotivasi.

Sementara itu, Kepala UPT PPL UNP Dr. Waskito, MT. menjelaskan mahasiswa yang mengikuti PPLK nantinya tidak hanya praktik mengajar, namun juga akan belajar banyak mengetahui program-program sekolah sebagai bekal pendidik nantinya. “Bukan hanya masalah RPP, promes dan prota, nantinya kalian harus belajar banyak mengenai apasaja program unggulan sekolah dan aktif dalam kegiatan-kegiatan sekolah,” tandas Waskito. (Humas/UNP)
sdfas

 Suasana  Pembekalan mahasiswa Program Praktek Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK)