Mantan Presiden Sudan Abdel Rahman Suwar Al- Dahab Kuliah Umum di Universitas Negeri Padang

Mantan Presiden Sudan Abdel Rahman Suwar Al- Dahab  Kuliah Umum di Universitas  Negeri Padang
Category

Padang -- Mantan Presiden Sudan, Abdel Rahman Suwar Al-Dahab memberikan kuliah umum mengenai kehidupan Islam bertoleransi dan damai antara umat Muslim dan pengikut agama lain di Universitas Negeri Padang, Rabu (19/7) siang.

Pada kuliah umum tersebut Abdel Rahman Suwar al-Dahab mengatakan  pengaruh budaya Arab sangat kental pada keseharian masyarakat Sudan. Kendati tidak semua Muslim di sana menggunakan bahasa pengantar Arab, namun sejarah membuktikan bahwa penerimaan Islam sangat dipengaruhi oleh proses arabisasi. Hampir tidak ada pemaksaan lantaran Islam masuk melalui perantara dan hubungan erat dengan para pedagang asal Timur Tengah di masa lampau.

Pria yang mendirikan organisasi dakwah Munazzamat Al Da’wa Al Islamiia di Sudan ini menjelaskan, Negara Sudan yang berada di benua Afrika ini terdiri dari beragam etnis, suku, budaya, wilayah, agama dan kepercayaan. Tidak ada etnis yang dominan. Oleh karenanya, pemerintah berketetapan untuk mempersatukan perbedaan ini dengan penerapan syariat Islam. Syariat Islam dipilih karena dianggap mampu menghadirkan stabilitas, tata kelola, serta pertumbuhan.

Kuliah umum dengan mantan Presiden Sudan ini dihadiri oleh mahasiswa  dan dosen. Sebelum kuliah umum dimulai WR4 UNP, Prof. Dr.  Syahrial Bakhtiar, M.Pd coffe moorning dengan Dr. Abdullah Bin Abdul Muis Al Minangkabawi, Tokoh Islam Saudi Arabia berdarah Minang dan Prof D., Syeh Saad Al Syahrany, dosen  Universitas Ummul Qura Makkah.

Kedatangan mantan Presiden Sudan ini sejalan dengan pertemuan ulama dan da’i se-dunia pada 17-20 Juli di Kota Padang , WR4 UNP, Syahrial Bakhtiar yang menggawangi urusan kerjasama luar negeri memanfaatkan momentum ini menggelar berbagai forum silahturahmi. (Humas/UNP)